Silaturahim PKBM DT Ke PKBM BCU Berlangsung Khidmat

Share

Bandung – PKBM DT kembali melakukan silaturahim sekaligus study banding ke salah satu mitranya pada Kamis (25/11). Kali ini PKBM DT kunjungi PKBM BCU di Kelurahan Cigending Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Kunjungan tersebut dilakukan oleh Ketua dan seluruh manajemen pengelola PKBM DT. Kedatangan PKBM DT di sambut langsung oleh Ketua PKBM BCU Santi beserta pengurus yayasan dan pengelola PKBM BCU.

PKBM BCU merupakan salah satu PKBM yang unggul dalam bidang literasi dan life skill. Kerjasama antara PKBM DT dan PKBM BCU berawal dari pengindukan Ujian Pendidikan Kesetaraan TP 2020/2021 PKBM DT ke PKBM BCU, dan kerjasama akan dilanjut dengan kegiatan kolaborasi lainnya yang nanti akan saling suport satu sama lainnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir juga Lurah Cigendi Bapak Karna Suherman, S.T, M.M, dalam sambutannya beliau menyampaikan pemerintah hendaknya memiliki kerjasama dalam bidang literasi dan penuntasan buta huruf serta memfasilitasi lembaga pendidikan khususnya pendidikan non formal agar kebermanfaatannya bagi masyarakat bisa sangat terasa. “ Pemerintah setempat harus saling berkolaborasi dengan PKBM dalam hal pemberdayaan peningkatan kualitas pendidikan bagi masyarakat, khususnya dalam bidang lifeskill (Kecakapan hidup). Ujarnya. Karna Suherman juga menyampaikan bahwa hakikat dari pembelajaran adalah masyarakat. “Hakikat Guru dan Pelajaran adalah kehidupan masyarakat”.

Melihat betapa pentingnya pendidikan kesetaraan dan literasi bagi masyarakat khususnya ilmu kecakapan hidup yang berperan penting sebagai bekal untuk menjalai kehidupan maka perlu adanya suatu wadah yang berfungsi sebagai pusat tempat belajar. Sebagai mana yang disampaikan oleh Santi Ketua PKBM BCU dari situlah sebenarnya PKBM di bentuk. “Peran PKBM mestinya harus sangat erat berbaur dengan masyarakat, dan menjadi solusi bagi masyarakat yang putus sekolah karena sebab tertentu.” Ujarnya.

Harapan dari pertemuan ini semoga terjalin kerjasama yang baik dan kebermanfaatanya dirasakan oleh masyarakat sebagai upaya membentuk PKBM yang melahirkan masyarakat yang jujur, komunikatif, amanah dan cerdas. (Syaikhoni)

X
× Tanya Admin