Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Daarut Tauhiid

Sejarah dan Latar Belakang

Sekitar tahun 2018 tim Baitul Quran Daarut Tauhiid secara langsung berkolaborasi dengan Lab. Pendidikan Masyarakan UPI, untuk memfasilitasi Santri Tahfidz Baitul Quran yang mayoritas berusia 12 tahun hingga 18 tahun mendapatkan pendidikan kesetaraan, dengan tujuan selain menambah ilmu pengetahuan umum juga bisa memfasilitasi santri tahfidz untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Hal ini tidak terlepas dari masukan berbagai pihak khususnya para wali santri, yang khawatir anaknya tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, karena Santri Tahfidz Baitul Quran hanya berfokus ke pendidikan agama, akhlak dan menghafal Quran. Terlebih saat ini kesadaran masyarakat untuk memilih pendidikan tahfidz sangat meningkat, maka dari latar belakang itu Lembaga Pesantren Daarut Tauhiid berupaya mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Daarut Tauhiid dan telah mendapatkan sertifikat izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kota bandung pada 26 Muharam 1441 H/ 25 September 2019 dengan nomor: 421.10 / 8701-disdik.

Visi dan Misi

Visi PKBM Daarut Tauhiid adalah Menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang berkualitas untuk melahirkan generasi ahli dzikir, fikir dan ikhtiar serta berkarakter baik dan kuat (BAKU).

Sedangkan Misinya adalah:

  • Menyelenggarakan Pendidikan non formal bagi masyarakat yang berkualitas, terjangkau dan mandiri.
  • Menyelenggarakan Pendidikan kesetaraan SD, SMP, SMA melalui program paket A, B dan C.
  • Menyelenggarakan peningkatan kecakapan hidup berupa pelatihan keterampilan dan kewirausahaan serta kursus-kursus yang menunjang akan potensi bakat warga belajar.

Sistem Pembelajaran

Proses Pembelajaran yang digunakan PKBM Daarut Tauhiid menggunakan sistem daring dan luring.

  • Daring (dalam jaringan) adalah sistem pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan lainnya.
  • Luring (luar jaringan) merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka atau biasa juga disebut pembelajaran offline.

Program PKBM Daarut Tauhiid

  1. Pendidikan Kesetaraan Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA).

  2. Program DT English

  3. Kursus Bahasa Arab

  4. Life skill

  5. Taman Baca Masyarakat (TBM)

Alamat Kantor

Komplek Pesantren Daarut Tauhiid

Jalan Gegerkalong Girang No. 67
Kel. Gegerkalong Kec. Sukasari
Kota Bandung – Jawa Barat

Narahubung

Call & Whatsapp : +62 813-1831-9720
Instagram : pkbmdaaruttauhiid

X