PKBM Daarut Tauhiid Menghadiri Uji Publik Standarisasi Pendidikan Kesetaraan

PKBM DT – Hari ini (Jum’at, 23/10), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Daarut Tauhiid (PKBM-DT), selaku pengelola program Pendidikan Kesetaraan pada jenjang Paket A (Setara SD), Paket B (Setara SMP), dan Paket C (Setara SMA) memenuhi undangan dari Badan Nasional Standarisasi Pendidikan (BNSP) untuk menjadi peserta diskusi secara online (via aplikasi ZOOM) dalam rangka Uji Publik terhadap materi draft Permendikbud tentang Standar Pendidikan Kesetaraan.

Pada kegiatan tsb PKBM-DT diwakili Fredy Rizaldy selaku PJ Program dan didampingi oleh Ust. Sigit Bayu Anggoro selaku Kepala Baitul Qur’an Daarut Tauhiid.

Meskipun baru berusia kurang dari 2 tahun, PKBM-DT dalam kesempatan ini dipercaya untuk menjadi salah satu dari 26 perwakilan seluruh PKBM dan SKB di Indonesia (yang seluruhnya berjumlah 10.258 satuan pendidikan) dalam memberikan masukan dan membahas isi dari draft Permendikbud tsb. PKBM-DT dinilai memiliki kekhasan dengan rintisannya untuk mengintegrasikan program Pendidikan Kesetaraan dengan program Pendidikan Penghapal Qur’an (Tahfidzul Qur’an).

Penyusunan Permendikbud tentang Standar Pendidikan Kesetaraan ini dimaksudkan untuk menyesuaikan beberapa Permen yang sebelumnya telah ada, dengan perkembangan hukum, kebutuhan masyarakat, dan tantangan global, sehingga perlu diganti dan disatukan.

Standar Pendidikan Kesetaraan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan pada pendidikan kesetaraan di seluruh wilayah hukum NKRI agar tercapai kompetensi lulusan yang ditetapkan. Sebagaimana pendidikan formal, maka Pendidikan Kesetaraan sebagai salah satu jenis pendidikan non formal juga harus memenuhi 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan.

Penerapan pendidikan berbasis standar tidak dimaksudkan untuk menyeragamkan pendidikan di Indonesia yang secara alamiah situasi dan kondisinya sangat beragam, tetapi justru untuk mendorong inovasi yang mengakomodasikan keragaman dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. [FR]

(1) Comment

  • Koswara Oktober 23, 2020 @ 10:11 am

    Kepada Pkbm Daarut Tauhid kami ucapkan banyak Terimakasih atas share/berbagi ilmunya dari hasil Siskusi/meeting zoom dengan BNSP padahari jumat tadi… Semoga makin sukses dan menjadi motivasi bagi pkbm yang kami kelola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X