Memasuki Pekan Ke-14, Santri PPM-V Tambah Semangat Belajar Ilmu Fiqih

DKM DT Bandung – Kegiatan pembelajaran daring santri PPM-V (Program Pesantren Mahasiswa Virtual) tanggal 10 November 2020 sudah memasuki pekan ke-14. Tema yang sedang dibahas kali ini adalah mengenai Fiqih Shaum yang dibagi menjadi 3 pertemuan. Pada pertemuan pertama pekan lalu Ustadz Muhamad Sapria menyampaikan materi tentang definisi dan dalil-dalil shaum, kemudian dilanjutkan pada pekan ini membahas tentang syarat wajib dan syarat sah shaum.

Setelah santri menyimak penyampaian materi Fiqh Shaum ke-2 melalui media Youtube, selanjutnya santri dijadwalkan untuk berdiskusi langsung dalam forum tanya jawab menggunakan aplikasi Zoom, namun qodarullah pada saat itu ustadz berhalangan hadir sehingga forum tanya jawab dilakukan melalui pesan WhatssApp. Meski demikian santri tetap antusias mendapatkan ilmu yang diberikan, serta mengikuti arahan dari musyrif & musyrifah hingga akhir kegiatan belajar.

Musyrif dan musyrifah (pendamping santri) sangat senang melayani dan membimbing santri meskipun secara daring. Mereka berharap santri tetap bisa optimal dalam mendapatkan ilmu meski tidak bertatap muka secara langsung.

“Alhamdulillah meskipun sudah memasuki pertengahan program, santri begitu semangat ketika belajar dan rajin mengikuti mentoring serta halaqoh rutin bersama kami. Sehingga kami sebagai pembimbing ikut merasakan ghiroh belajar meski tidak bertatap muka secara langsung. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan dapat diamalkan.” ujar Ai Fitriani selaku muysrifah santri akhwat.

Untuk tetap semangat mencari ilmu di masa pandemi ini menjadi sesuatu yang sulit dilakukan karena banyak sekali keterbatasan. Akan tetapi dengan adanya PPMV ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mencari ilmu secara online/daring. (Irsyad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X