Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Daarut Tauhiid

Sejarah Masjid Daarut Tauhid Pusat

Dalam sebuah lembaga Islam, masjid memiliki peran yang sangat penting sebagai sentral kegiatan yang menjadi denyut nadi kehidupan lembaga tersebut. Karena itulah Daarut Tauhiid pun mendirikan masjid sebagai sentral kegiatan bagi para jamaah dan civitasnya.

Dengan karunia Allah pada bulan Juli 1993 berdirilah sebuah masjid berlantai tiga, tepatnya di Jalan Gegerkalong Girang nomor 38 Bandung. Masjid ini sering dijuluki sebagai masjid seribu tangan karena dibangun secara gotong royong oleh ribuan masyarakat dan jamaah Daarut Tauhid. Pada saat itu, di bagian bawah bangunan Masjid Daarut Tauhid dialokasikan sejumlah kamar tidur yang berfungsi sebagai asrama santri putri atau akhwat yang berkapasitas 70 orang. Adapun lantai dua dan tiga difungsikan untuk shalat sedangkan lantai satu dijadikan area untuk toko (minimarket), ruang khusus akhwat, ruang wudhu, dan kamar mandi.

Pada tahun 2015 dilakukan pembangunan perluasan dan renovasi Masjid Daarut Tauhid Bandung secara besar-besaran. Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan pada Kamis, 29 Januari 2015. Dua tahun kemudian tepatnya tanggal 20 November 2017 Masjid Daarut Tauhiid rampung pembangunannya dan diresmikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar selaku Pembina Pesantren Daarut Tauhiid. Masjid hasil renovasi terbaru dibangun 4 lantai plus basement satu lantai. Pintu masjid terpisah antara ikhwan dan akhwat. Front Office (FO) DKM juga ada pada masing-masing area. Tempat wudhu dan kamar mandi dekat dengan pintu masuk.

Salah satu hal yang membedakan Masjid Daarut Tauhid dengan masih lain adalah sangat bersahabat dengan jamaah difabel, yaitu dengan memfasilitasi lift khusus untuk mereka agar memudahkan mereka menaiki ruangan masjid hingga ke lantai 4. Selain itu juga dilengkapi kamar mandi khusus difabel yang terpisah antara ikhwan dan akhwat.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi masjid yang MAKMUR (Manajemen, Amanah, Khidmat, Model, Ubudiah dan Rahmatan Lil Alamin) sebagai sarana dakwan dengan berlandaskan Tauhiid.

Misi

  • Masjid sebagai tempat ibadah yang nyaman
  • Masjid sebagai tempat pendidikan, pelatihan dan pembentukan ketauhidan ummat
  • Masjid sebagai tempat syiar dakwah Islam yang Benar, Aplikatif, Sederhana, Inovatif dan Solutif (BASIS)

X